Air Elektrolit saat berpuasa

Home / kesehatan / Air Elektrolit saat berpuasa

Seperti hari-hari biasanya, kebutuhan cairan seseorang ketika berpuasa yakni minimal dua liter per hari. Hanya saja, bagi orang yang beraktivitas di luar ruangan dan sering berkeringat, mereka membutuhkan tambahan elektrolit.

“Komposisi keringat kan ada elektrolitnya. Di tubuh kita, komponen elektrolit terbesar adalah kalium sama natrium. Jadi saat berpuasa, orang banyak mengeluarkan keringat wajib mengganti kehilangan cairan dan elektrolitnya,” tutur ahli gizi Rita Ramayulis, DCN, MKes.

Kehilangan elektrolit dikatakan Rita bisa diganti dengan mengonsumsi buah dan sayur. Sehingga, sangat disarankan orang yang banyak beraktivitas di lapangan ketika berbuka dan sahur memperbanyak asupan sayur dan buah.

“Tapi kalau yang kerjanya di kantor, dari air saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan. Sebab, mereka kan jarang berkeringat. Tapi tetap buah dan sayur harus dikonsumsi,” imbuh Rita dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (4/7/2014).

Jika tidak sempat makan buah dan sayur, Rita menyarankan untuk mengonsumsi sari buah. Sebab, ada beberapa penelitian yang mengatakan jika air dengan kandungan elektrolit dikonsumsi, penyerapannya akan lebih baik, lebih cepat menghilangkan rasa haus, sekaligus mengganti elektrolit yang hilang.

“Minuman yang mengandung ion bisa jadi salah satu solusi untuk mengganti elektrolit dalam tubuh kita. Tapi, itu kalau kita nggak bisa mendapatkan elektrolit dari buah, sayur, atau sari buah. Apalagi untuk sari buah pengolahannya kan butuh waktu,” imbuh dosen jurusan Gizi Poltekkes II Jakarta ini.

Ketika memilih minuman yang mengandung elektrolit, Rita mengingatkan jangan lupa untuk memeriksa kadar gula yang ada di dalamnya. Jika kadar gula melebihi 5% maka komposisinya tidak lagi menyerupai komposisi elektrolit pada tubuh. Justru mengakibatkan peningkatan indeks glikemik yang bisa meningkatkan kerja hormon insulin pada pankreas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *