Daya Tahan Lampu UV Untuk Membunuh Bakteri

Home / infotorial / Daya Tahan Lampu UV Untuk Membunuh Bakteri

Lampu uv atau ultraviolet merupakan salah satu komponen utama yang sering digunakan pada depot air minum isi ulang. Ultraviolet(UV) berfungsi untuk membunuh bakteri, virus dan kuman, untuk intensitasnya sangat tergantung dari daya lampu (watt) dan kecepatan aliran air yang disinari.

Kekuatan daya lampu ultraviolet ditunjukkan dengan satuan GPM (galon per menit). Galon disini adalah satuan ukuran standar USA yang jika dikonversi ke liter sekitar 3,8 liter. Beberapa macam ukuran yang beredar antara lain: 2 GPM, 5 GPM, 8 GPM, 12 GPM dan ada yang lebih besar lagi yang biasanya untuk skala industri.

Perlu diketahui bahwa intensitas kekuatan lampu UV bisa menurun seiring lamanya pengguaan, jika lampu putus maka jelas harus diganti, akan tetapi terkadang lampu masih menyala namun daya bunuh bakteri menurunpun bisa terjadi. Hal ini yang sering mengecoh para pengelola depot air minum isi ulang. Untuk mengetahuinya maka cek laboratorium secara berkala sangat diperlukan.

Jika hal diatas terjadi maka alangkah baiknya segera ganti lampu UV dengan yang baru walaupun lampu belum putus, tetapi jika ingin tetap menggunakannya maka lakukan sedikit modifikasi pada jalur aliran air yang melewati ultraviolet agar aliran air lebih lambat. Misal: Anda memakai UV dengan daya 12 GPM, karena dayanya menurun maka anggap saja Anda pakai 8 GPM sedangkan setinggan intalasi depot menggunakan 12 GPM sehingga kecepatan alir air tidak cocok lagi maka kecepatan alir harus diperlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *