Cara mengatasi air sumur yang tercemar

Home / kesehatan / Cara mengatasi air sumur yang tercemar

Air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi manusia namun dewasa ini untuk mendapatkan air yang bersih dari pencemaran sangat sulit terlebih bagi mereka yang hidup didaerah padat penduduk. Bagi mereka yang tinggal didaerah pesisir atau bekas rawa atau daerah tanah gambut sulit sekali mendapatkan air yang bagus. Dari air yang berasa asin, keruh, ada endapan, berwarna kuning, bau dan lain sebagainya tentu selain tidak baik juga tidak nyaman jika dipergunakan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi dan mensiasati paling tidak mengurangi permasalahan air agar menjadikan air bersih yang layak untuk dipergunakan berbagai keperluan seperti untuk minum, memasak, mencuci maupun mandi.

Berikut beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk mengatasiĀ  air sumur menjadi lebih bersih dan sehat:

 

Mengatasi air sumur yang keruh

Caranya sangat mudah, ambil beberapa gram tawas dan masukkan ke dalam sumur. Setelah beberapa saat kotoran akan mengendap didasar sumur. Usahakan jika akan mengambil air sumur jangan membuat gerakan yang dapat mengaduk air didalam sumur yang dapat menyebabkan kotoran yang telah mengendap dapat berbaur lagi dengan air permukaan, biasanya ini terjadi jika mengunakan timba bukan pakai pompa air. Untuk yang pakai pompa, kurangi kedalam prolon yang masuk kedalam air sumur jangan sampai terlalu mendekati dasar sumur.

 

Mengatasi air sumur yang bau

Anda tentu mengenal yang namanya arang, Arang mengandung carbon aktif yang berguna untuk membunuh bakteri-bakteri. Air yang berbau dapat pula disebabkan karena adanya bakteri dalam air sumur. Caranya sangat mudah, ambil beberapa batang arang dan masukkan ke dalam karung yang terbuat dari jaring atau kalau susah mencari dapat diganti dengan karung yang pori-porinya mudah kemasukan air. Tambahkan sedikit batu untuk dijadikan pemberat agar karung berisi arang dapat berada di dasar sumur. Masukkan karung kedalam sumur dan jangan lupa diberi tali agar mudah mengangkatnya dilain waktu untuk diganti.

Setelah sekitar 2bulan sampai 3 bulan, arang diganti dengan yang baru dan arang yang telah terpakai dapat digunakan kembali setelah diaktifkan lagi dengan cara dibakar menjadi bara namun jangan sampai menjadi abu.

 

Mengatasi air di lahan gambut

Untuk mengatasi air dari sumber lahan gambut dapat mengunakan campuran lignin Absorbent, Coagulant dan Flocculant. Masukkan campuran tersebut kedalam bak penampungan air, setelah kotoran mengendap didasar bak penampungan, air jernihnya bisa diambil untuk keperluan Anda. Untuk membuang endapan dapat anda buka saluran penguras yang ada pada bak penampungan.

 

Demikian beberapa tips yang dapat dipergunakan untuk mengatasi permasalahan air sumur Anda. Permasalah air sumur seperti amis, berwarna kuning, berasa asin dan lain sebagainya dapat Anda atasi dengan kemajuan teknologi saat ini. Anda tidak perlu bersusah payah, cukup hubungi kami dan sampaikan keluhan permasalahan air sumur Anda, kami siap membantu untuk mengatasinya dengan produk-produk unggulan kami.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *