Cara Membersihkan Membran RO Macet atau tersumbat

Home / Tips dan Trik / Cara Membersihkan Membran RO Macet atau tersumbat

Membran ro macet atau debitnya berkurang adalah hal yang biasa karena lubang membran ro yang sangat halus yaitu mencapai 1/10000 mikron atau kira-kira setara sehelai rambut dibagi satu juta sudah tersumbat oleh partikel-partikel halus yang dibawa oleh air baku yang melewati membran.

 

Langkah yang terbaik adalah dengan menganti membran yang baru, tetapi ada solusi untuk memperlama pemakain membran dengan cara “dicuci”. Pencucian ini menggunakan cairan khusus berupa asam atau basa, tergantung faktor pengotor yang melewati membran. Biasanya jika kualitas air baku yang digunakan kurang bagus maka umur membran akan pendek.

 

Langkah-langkah untuk mencuci membran adalah sebagai berikut:

1. Untuk membran kapasitas di bawah 2000 gpd

  • Keluarkan membran RO dari housing dan rendam dengan cairan pencuci asam/basa, posisi membran harus tercelup semuanya selama beberapa jam. Bersihkan dengan air mengalir menggunakan air hasil RO dan lakukan perendaman kembali menggunakan cairan pencuci.

2. Untuk membran kapasitas 2000 gpd ke atas

  • Pencucian tidak perlu melepas membran dari housing, cukup alirkan cairan pencuci dengan cara mengidupkan mesin tetapi input air baku diganti dengan cairan pencuci.

 

 

 

 

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *