Yang Perlu diketahui dalam produksi air minum kemasan

Home / Bisnis Plan / Yang Perlu diketahui dalam produksi air minum kemasan

MESIN DAN PERALATAN PRODUKSI

            Yang sebagian atau seluruhnya digunakan oleh perusahaan AMDK dengan teknologi proses apapun. Termasuk :

  • Tangki pengangkutan
  • Bak / tangki penampungan air baku
  • Mesin Pengolahan Air
  • Alat desinfeksi
  • Mesin pencucian botol
  • Mesin pengisian
  • Mesin pengemasan
  • Mesin penutup kemasan, mesin pelabelan

 

4.1 WATER TREATMENT

Water treatment yaitu proses pengolahan air baku sebelum dilakukan proses pengisian (filling) yang selanjutnya diikuti proses pengemasan menjadi produk Air Minum dalam Kemasan (AMDK). Proses ini bertujuan untuk mengurangi partikel-partikel yang tidak diperlukan. Dengan proses ini air yang dihasilkan akan menjadi air yang benar-benar bersih, higienis dan bebas kuman (bakteri). Dalam proses water treatment yang paling penting yaitu proses filtrasi / filterisasi dan proses ozonisasi. Dimana proses filtrasi / filterisasi bertujuan untuk menghilangkan partikel-partikel kasar dan halus yang terbawa oleh air baku.

Proses Ozonisasi merupakan proses disinfektasi utama untuk membunuh mikroba / bakteri yang mungkin terbawa oleh air baku.

 

Adapun tahap-tahap proses water treatment yaitu :

  1. Penampungan air baku ( Raw Water Tank )

Sebelum mengalami proses, air dari sumur ( Deep well ) ditampung dalam penampungan air sementara di dalam Tanki  disebut Raw Water Tank yang bertujuan sebagai tempat penyimpanan sementara air baku yang akan memasuki tahapan pengolahan air.

  1. Filtrasi / Filterisasi

Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran-kotoran ( partikel-partikel) yang masih terkandung dalam air dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas air agar air yang dihasilkan jernih dan layak untuk dikonsumsi. Agar proses filtrasi berjalan dengan efektif dan efisien,maka digunakan beberapa filter dengan ukuran yang berbeda dalam cartridge.

 

Tahap-tahap proses filtrasi dalam water treatment yaitu :

  1. Air dari Raw Water Tank akan mengalami fitrasi dalam cartridge filter 5μ Nominal untuk menyaring air dari partikel seperti pasir.
  2. Filtrasi dalam cartridge 1 μ Absolute (Pre Filter)
  3. Filtrasi dalam cartridge 0,45μ Absolut (Final Filter)

 

Perbedaan antara Absolut dan Nominal :

o Absolut:  ukurannya mendekati kepastian 99.9 % (mutlak sesuai ukuran mikronnya) dan  perbedaannya relatif kecil.

o Nominal: ukurannya tidak pasti dan toleransinya 10%, sehingga ukurannya tidak sama persis/tepat

Setelah mengalami proses filtrasi, air akan mengalami ozonisasi atau penambahan gas ozon sebelum masuk kedalam Buffer Tank.

  1. Ozonisasi

Ozon atau O3 adalah gas dengan bau yang sangat tajam. Ozon adalah alotrof dengan oksigen yaitu bentuk yang bebeda dari unsur yang sama. Molekul ozon pekat terdiri dari 3 atom O yang mudah terurai menjadi oksigen.Ozon pekat berwarna biru pucat, mencair pada suhu 119°C dan membeku pada suhu -193°C

Ozonisasi adalah pencampuran air dengan gas ozon. Dimana ozon ini dihasilkan dari pencampuran udara bebas dengan kilatan listrik yang tinggi kemudian didinginkan dan akan menghasilkan gas ozon. Gas tersebut kemudian dicampur kedalam air hasil filtrasi yang di mixing sebelum masuk ke dalam buffer tank yang merupakan tangki penampungan sementara air yang akan dialirkan ke ruang filler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *