Persyaratan Air Baku untuk Usaha Depot Isi Ulang

Home / Bisnis Plan / Persyaratan Air Baku untuk Usaha Depot Isi Ulang

Air baku adalah air ( air bawah tanah atau air permukaan ) yang telah memenuhi persyaratan kualitas air bersih sebagai mana diatur dalam Keputusan Mentri Kesehatan No.416/MENKES/PER/IX/1990 atau perubahaannya, atau air laut atau air dari udara lembab untuk selanjutnya diolah menjadi produk AMDK.

 

  • Tidak mengandung mikroorganisme khususnya E. collie dan Pseudomonas aeroginosa.
  • Turbidity <0,2 NTU, tidak banyak endapan.
  • Tidak mengandung bahan kimia atau racun.
  • Tidak berwarna.
  • Tidak berbau.
  • Tidak berasa.

Perusahaan Industri AMDK harus melakukan pengujian air baku melalui laboraturium internal/eksternal secara periodik sebagai berikut :

  1. Air baku sebelum digunakan harus diperiksa secara organoleptik , fisiko-kimia. mikrobiologi dan radioaktif.
  2. Satu kali dalam 1 minggu untuk analisa coliform.
  3. Satu kali dalam 6 bulan untuk analisa fisika dan kimia
  4. Satu kali dalam setahun melakukan pengujian terhadap udara ambient disekitar lokasi pabrik AMDK yang sumber airnya berasal dari udara lembab.
  5. Satu kali setiap 4 tahun sekali uji analisa radiologi air baku dan ketika mengajukan izin pendirian pabrik di lokasi yang baru.

 

Sumber air yang dapat dimanfaatkan pada dasarnya dapat digolongkan sebagai berikut:

  1. Air Hujan

Air hujan adalah air yang menguap karena panas kemudian mengembara di udara. Pada waktu mengembara tersebut, uap air bercampur dan melarutkan gas-gas Oksigen, Nitrogen, Karbondioksida, debu, dan senyawa lainnya. Karena itulah air hujan juga mengandung debu, bakteri, dan berbagai senyawa yang terdapat di udara.

  1. Air Tanah

Air tanah merupakan sumber air yang terdapat di dalam tanah, biasanya pada masyarakat pedesaan dalam bentuk mata air atau sumur, baik dalam bentuk sumur gali, sumur pompa maupun sumur pompa dangkal. Pada umumnya mata air dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu mata air karang dan mata air tanah, tergantung pada letak sumber airnya. Untuk mendapatkan air tanah yang memenuhi syarat kesehatan diperlukan cara pembuatan sumur yang benar dengan kedalaman sumur minimal 70 meter, karena pada umumnya dengan kedalaman 70 meter berbagai bakteri spofilik tidak dapat hidup, sehingga air yang diambil bebas dari bakteri tersebut, misal E.coli.terutama untuk industri air minum.

  1. Air Permukaan

Air permukaan merupakan air baku yang utama bagi rumah tangga atau industri yang bukan industri AMDK di kota-kota besar, sumber air permukaan dapat berupa air sungai, danau, waduk, empang dan air dari saluran irigasi. Umumnya air permukaan ini sudah mengalami pencemaran.

Persyaratan mutu air minum adalah bebas dari bakteri dan senyawa kimia yang berbahaya, tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa dan tidak keruh. Apabila air mentah tidak memenuhi persyaratan air minum yang ditentukan, maka air tersebut harus dimurnikan dengan perlakuan kimiawi, fisika dan biologis. Beberapa tindakan yang perlu dilakukan untuk memenuhi syarat-syarat air minum yaitu :

  1. a) Pengendapan
  2. b) Penyaringan / Filtrasi
  3. c) Disinfektasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *