Yang Perlu Diketahui Sebelum Mendirikan Depot Air Minum

Home / Bisnis Plan / Yang Perlu Diketahui Sebelum Mendirikan Depot Air Minum

Peraturan tentang depot air minum yang banyak anda temui di berbagai kota di seluruh Indonesia, tentunya tidak akan boleh didirikan begitu saja tanpa adanya pemenuhan akan syarat-syarat yang ditentukan oleh pemerintah maupun komunitas pengusaha di bidang yang sama. Ketika anda berbicara mengenai depot air minum, maka sesuai dengan peraturan Memperindag di tahun 2004 ada beberapa hal yang harus dipenuhi demi kelayakan usaha depot air minum yang digeluti oleh seseorang.

Penampungan air
Ketika anda membicarakan depot air minum, komponen utama yang harus dimiliki adalah tempat penampungan dengan ukuran tertentu yang sudah diberi pengaman dan memiliki manhole. Sehingga tangki penampungan dapat digunakan untuk waktu lama dan tentunya tahan karat.

Penyaringan
Peraturan alat penyaringan adalah peraturan terpenting yang wajib diperhatikan sebuah depot air minum. Dengan menyediakan saringan dengan berbagai diameter ukuran diharapkan mulai dari partikel terbesar hingga tekecil dapat tersaring dengan baik.

Disinfeksi
Ketika anda mendatangi lokasi depot air minum dan menemukan sebuah ruangan kaca besar yang diatasnya dipasang lampu ultraviolet maka dapat dikatakan bahwa depot air minum tersebut memenuhi persyaratan akan ketersediaan media disinfektan atau pembunuh kuman dengan menggunakan sinar dari lampu ultraviolet yang akan dipancarkan selama 30-60 detik dengan panjang gelombang sekitar 250-260nm.

Cara lain yang dapat ditempuh adalah memasukkan ke tangki ozon dan mengisi galon dengan cairan ozon berkonsentrasi tertentu selama 1 menit. Metode tersebut akan meminimalisir adanya kuman penyakit atau pertumbuhan jamur yang membuat galon dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Prosedur pembilasan dan sterilisasi
Sebelum melakukan pengisian, maka galon yang digunakan akan melalui tahapan pencucian, pembilasan, dan sterilisasi. Tahapan ini diperlukan untuk memastikan agar tidak ada partikel debu, kuman penyakit, atau bakteri yang tertinggal dalam galon ataupun masuk melalui udara. Pencucian dilakukan dengan menggunakan detergen food grade dalam air yang bersuhu 65-850C. Pencucian ini dilakukan selama1-3 menit kemudian detergen dibilas menggunakan air minum atau air produk yang disalurkan melalui pipa sanitasi. Tahapan sterilisasi dilakukan dengan menggunakan bahan air ozon dengan harapan bagian dalam galon sudah benar-benar bebas dari pengaruh kuman penyakit ataupun partikel debu yang sebelumnya menempel pada galon.

Pengisian
Ketika anda mendatangi depot air minum isi ulang dengan membawa galon sendiri ataukah menggunakan galon yang berasal dari lokasi depot air minum, maka anda harus memastikan apakah galon yang anda pakai dalam kondisi layak atau tidak. Pengisisan selanjutnya akan dilakukan dalam ruang rapat yang dikondisikan kedap agar tidak ada bakteri udara yang mengkontaminasi air isi ulang. Jika tempat depot air minum yang anda datangi memenuhi peraturan tentang depot air minum yang sudah ditetapkan, maka anda tidak perlu khawatir akan kehigienisan air yang pastinya terjamin bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *