Pengolahan air minum dengan teknologi RO

Home / Produk / Pengolahan air minum dengan teknologi RO

Air merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Tanpa air manusia tidak dapat hidup. Air minum dibutuhkan manusia untuk berbagai hal. Teknologi saat ini semakin canggih. Untuk mendapatkan air minum yang bersih dan siap minum, tidak harus di masak terlebih dahulu. Bahkan anda tak perlu menggunakan air minum gallon atau kemasan. Hanya dengan air biasa kemudian dijernihkan dengan menggunakan mesin ro. Masih banyak orang yang belum mengetahui teknologi mesin ini. Padahal mesin ini mempunyai manfaat yang bagus untuk pengelolaan air minum. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih lanjut mengenai mesin reverse osmosis ro di bawah ini.

 

Apa itu Mesin Ro

Mesin ro atau mesin reverse osmosis Ro merupakan teknologi yang digunakan untuk penyaringan air supaya semua mineral, kontaminan dan ion dalam air dapat dihilangkan. Sistem RO awalnya digunakan oleh awak pesawat ruang angkasa.teknologi ini ditemukan oleh NASA amerika serikat. Tekanan daya akan membuat H2O keluar melalui celah mesin reverse osmosis sehingga dapat menghasilkan air murni yang sangat bersih. Air yang kotor atau tercemar akan dibuang pada saluran lainnya. nantinya akan menghasilkan dua jenis air, air yang murni dan air yang kotor atau tercemar.

 

Dengan menggunakan mesin ro atau mesin reverse osmosis mesin air ro bisa menghasilkan air minum yang murni, segera dan higienis sehingga air minumnya aman untuk dikonsumsi. Mesin ini biasanya digunakan pada orang-orang yang menjalankan bisnis air minum. Hasil air minum yang dihasilkan mesin ini sudah terbukti aman untuk dikonsumsi. Bahkan bisa membuat tubuh lebih sehat karena kandungan yang berbahaya akan hilang tersaring. Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan jika menggunakan mesin penyaringan air ini.

 

Prinsip Kerja Mesin Ro

prinsip kerja mesin ro (mesin reverse osmosis)

Mesin ro merupakan mesin yang menggunakan teknologi penjernihan air. Teknologi penjernihan air sebenarnya sudah digunakan dalam waktu yang lama. Misalnya destilasi, disinfektansi ( chlorinisasi, dimasak, sinar ultra violetdan ozonisasi), filtrisasi ( activated carbon, activated alumina, cation exchange dan anion) dan mikrofiltrasi. Untuk metode reverse osmosis (RO) sudah dikembangkan sejak tahun 1950an. Metode ini dibuat untuk mencari metode yang ekonomis sebagai cara mendesalinasi air laut atau dikenal sebagai metode hyperfiltration. Metode ini terus dikembangkan, sampai sampai semua kandungan atau kontaminan air hilang.

 

Secara garis umum, mesin ro merupakan teknologi mesin yang digunakan untuk memurnikan air. Prinsip penggunaan mesin ro ini sebenarnya sangat mudah. Teknologi penyaringan menggunakan filter membrane yang begitu halus. Membrane di mesin ini mempunyai pori-pori dengan ketebalan 0,0001 mikron. Ketebalannya sama dengan satu helai rambut yang dibelah menjadi satu juta helaian. Jadi membrannya memang sangat tipis sekali. Dengan membrane yang sangat tipis mempunyai H2O dapat melewati membrane dengan baik. Sedangkan kotoran atau kontaminasi lainnya akan tersaring dengan baik.Prinsip kerja mesin ini yaitu dengan adanya tekanan oleh membrane semipermeable sehingga membuat air dipaksa melewati bagian membrane reverse osmosis ro. Air yang melewati membran merupakan air yang benar-benar bersih dan murni. Sehingga aman untuk dikonsumsi.

 

Ada beberapa tahapan yang terdapat pada prinsip mesin ro ini. Ada beberapa membrane atau filter yang akan dilewati sampai menghasilkan air yang benar-benar murni. Pertama filter sedimen 5 mikron. Tahap ini akan menghilangkan semua kotoran, partikel pasir dan karay yang bisa mempengaruhi bau, rasa dan warna air. Tahap kedua filter sedimen 1 mikro. Filter ini berfungs untuk melindungi mebran reverse osmosis. Selain itu akan meningkatkan kemampuan menyikirkan 95% TDS (total Disolve Solids). Tahap ketiga adalah filter granular atau block activated carbon. Tahap ini akan menghilangkan bahan kimia yang organik dan 99% chlorine. Selain itu membantu mengurangi bau, rasa dan warna airyang mengganggu. Tak hanya itu saja, tapi juga membantu menghilangkan pestisida, fungisida, herbisida dan insectisida.

 

Tahap keempat membrane reverse osmosis. Membrane ini berbentuk membrane thin film composite (TFC), membrane ini berfungsi untuk mengalirkan 50 galon air murni yang berkualitas perharinya. Jadi bisa digunakan mesin ro untuk industry. Pada membrane ini akan membantu menghilangkan kontaminan berbahaya seperti cooper, lead barium, chromium, sodium, mercury, fluoride, cadmium, nitratet, nitrute dan selenium. Selain itu mesin ro bisa menyingkirkan e coli, bacteria, cryptosporidium, girdia dan lain sebgainya. Tahap kelima post carbon filter. Tahap ini akan membuang semua baud an rasa yang tidak diinginkan dan meningkatkan kualitas air. Tahap terakhir adalah filter ultra violet water sterilizer yang membuat air lebih murni dan aman untuk dikonsumsi.

 

Cara Merawat Mesin Ro

System perawatan mesin ro sangatlah mudah. Tidak membutuhkan perawatan khusus. Tips perawatan mesin ro ini bisa anda lakukan sendiri di rumah. Perawatan yang paling penting adalah penggantian filter mesin secara berkala. Umur filter ditentunkan oleh waktu penggunaan dari alat mesin. Seperti berapa jam sehari digunakannya. Semakin sering digunakan semakin cepat alat filternya rusak. Selain itu dapat dilihat dari kualitas air yang dihasilkan. Waktu lama penggunaan bisa menentukan kotoran yang menyakut pada bagian filter. Jika anda sering menyaring air yang mengandung banyak artikel dapat menyumbat pori pada bagian filter. Ada bisa mengganti filter 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan atau 36 bulan.

 

Sumber Air Untuk Mesin Ro

Ada banyak sumber air yang bisa digunakan untuk mesin ro. Anda bisa mengambilnya dari air sumur, air danau, air sumur, sumber air alam atau air ledeng. Buat anda yang merasa kurang nyaman dengan bau atau rasa air ledeng, anda bisa menjernihkan dengan mesin ini. Mesin ro untuk rumah tangga memang sangat cocok digunakan. Sebenarnya hampir semua jenis air bisa disaring dengan menggunakan mesin ini. Tetapi semakin tinggi tingkat kekeruhan air, akan semakin sering anda mengganti filter mesin ini. Oleh karena itu anda harus memperhatikan kekeruhan air, supaya anda tak perlu mengganti filter mesin terlalu sering.

 

Mesin Ro Untuk Bisnis

Buat anda yang sedang mencari ide bisnis, mesin ro ini bisa dijadikan bisnis yang menjanjikan buat anda. anda bisa membuka depot air minum. Saat ini banyak orang yang malas memasak air. Jadi lebih suka menggunakan air minum kemasan atau gallon. Dengan menggunakan mesin ro untuk depot air minum, anda bisa membuka bisnis yang menguntungkan. Dulu depot air minum harus memperhatikan kualitas sumber airnya, karena mesin yang digunakan belum bisa menyaring air dengan baik. Oleh karena itu terkadang disetiap tempat menghasilkan kualitas air yang berbeda-beda. Tetapi dengan menggunakan mesin ini, akan membuat kualitas air lebih bagus dan aman untuk dikonsumsi. Anda juga tak perlu memilih sumber air minum karena semua sumber air minum bisa anda gunakan.

 

Selain untuk depot air minum, mesin roini juga bisa digunakan buat anda yang ingin memulai air kemasan. Mesin ini mempunyai banyak sekali jenisnya. Banyak sekali industry yang menggunakan mesin ini. Manfaatnya memang sangat banyak sekali. Jika mesin ro tidak keluar air, mungkin ada saringan yang rusak. Anda harus melakukan pengecekan setiap harinya. Terutama buat anda yang sering menggunakan mesin ini setiap harinya. Jika sudah terlanjur banyak komponen yang rusak, perawatannya akan semakin sulit. Type mesin tergantung dengan kapasitas gallon yang dihasilkan setiap harinya. Semakin besar tipe mesinakan semakin banyak kapasitas gallon yang dihasilkan. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *