Perbedaan Air Mineral, RO, Dan Isi Ulang

Home / kesehatan / Perbedaan Air Mineral, RO, Dan Isi Ulang

 Semua orang pasti menggunakan air baik untuk dikonsumsi maupun untuk kegiatan sehari – hari. Tanpa air semua makhluk hidup tidak akan bertahan hidup, karena air merupakan komponen yang penting bagi tubuh. Air memiliki banyak manfaat bagi semua makhluk hidup, terutama manusia yaitu untuk dikonsumsi, untuk aktivitas sehari – hari, memperlancar sistem pencernaan tubuh, mendorong racun yang ada didalam tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, menstabilkan konsentrasi, menjaga kulit, dan lain – lain. Menurut alat ukur Indonesia dengan menggunakan alat tds meter anda dapat mengetahui tds air mineral, air RO, dan air isi ulang.

Air Mineral

Pengolahan air mineral memakai treatment filtrasi, ultra filtrasi, lalu ultraviolet. Pada proses treatment dilakukan untuk tahap awal, proses ultra filtrasi dilakukan untuk memperoleh air minum yang baik, pada proses ultraviolet dilakukan untuk membunuh kuman yang ada pada air. Air mineral merupakan minuman yang mengandung mineral. Jenis mineral ada dua yaitu mineral organik dan mineral non-organik.

Mineral organik lebih bagus untuk dikonsumsi daripada mineral non-organik. Karena apabila terlalu banyak mengkonsumsi air yang mengandung mineral non-organik maka akan menyebabkan penyakit yang disebabkan oleh kandungan mineral non-organik yang mengendap didalam tubuh. Seperti terkena penyakit katarak disebabkan oleh mineral non-organik yang mengendap di bagian mata. Biasanya tds pada air mineral yaitu berkisar antara 40 ppm sampai 500 ppm.

Air RO

RO adalah singkatan dari Reverse Osmosis. Reverse osmosis adalah sebuah mesin yang digunakan untuk mengolah air minum. Air RO merupakan air yang menggunakan mesin reverse osmosis untuk mengolahnya. Air RO yang baik yaitu yang melalui langkah – langkah mulai dari filtrasi, ultrafiltrasi mesin RO, ultraviolet untuk hasil air reverse osmosis. Air minum reverse osmosis menghasilkan air yang baik apabila memasukan sepuluh liter air, keluar air bersih empat liter dan keluar air kotor enam liter. Biasanya tds pada air RO adalah berkisar antara 0 ppm sampai 20 ppm.

Air Isi Ulang

Air isi ulang yang baik yaitu menggunakan air yang baku, menggunakan sistem filter yang baik, mengunakan ultraviolet yang baik. Apabila pemilik tempat isi ulang air kurang bertanggung jawab maka air minum akan diragukan apakah air minum tersebut layak di konsumsi atau tidak.

sumber : http://kompasiana.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *